Akademik




No
Nama Dosen
1
Prof. Dian Armanto, M.Pd.,MA.,M.Sc.,Ph.D
2
Dr. Anita Yus, M
3
Prof. Dr. Ibrahim Gultom, M.Pd.
4
Prof. Dr. Siman,M.Pd.
5
Prof. Dr. Khairil Ansari, M.Pd.
6
Prof. Dr. Asmin,M.Pd.
7
Dr. Muthsyuhito Solin, M.Pd.
8
Dr. Evi Eviyanti,M.Pd.
9
Prof. Dr. Busmin,M.Pd.
10
Dr. Sri Minda Murni,M.Pd.
11
Dr. Mukhtar,M.Pd.
12
Prof. Dr. Sahat Saragih,M.Pd.
13
Dr. Bornok Sinaga,M.Pd.
14
Dr. Retno Dwi Suyanti,M.Si.
15
Prof. Dr. Marabangun Hrp,M.S.
16
Dr. Hasruddin Lubis, M.Pd.
17
Dr. Fauziah Harahap,M.Pd.
18
Dr. Elly Djulia,M.Pd
19
Drs. Restu, M.Pd.
20
Dr. Phil. Ichwan Azhari,M.S
21
Dr. Dede Ruslan,M.Si.
22
Prof. Dr. Ibnu Hajar Damanik, M.Si.
23
Prof. Djanius Djamin, SH., M.S.
24.
Dr. Asih Menanti, M.S., S.Psi.
25
Dr. Wahyu Tri Atmojo, M.Hum.
26
Dr. Zulkifli Matondang, M.Si.
27
Deni Setiawan, M.Hum.
28
Dr. Hasratuddin, M.Pd.
29
Dr. Abdurahman Adisaputera, M.Hum.
30
Dr. Isda Pramuniati, M.Hum.

B. Kompetensi Lulusan                        

Kompetensi Lulusan:
Mahasiswa lulusan Prodi Pendidikan Dasar memiliki wawasan, pengetahuan dan keahlian berkarya dalam melaksanakan pembelajaran bernuansa pendidikan dasar secara teoretis dan praktis serta dapat melakukan penelitian guna meningkatkan aktualisasi diri peserta didik.

Kompetensi lulusan Program Studi PENDIDIKAN DASAR diarahkan pada 4 bidang keahlian (konsentrasi) sebagai berikut:

a.       Konsentrasi Pendidikan Matematika
Konsentrasi Pendidikan Matematika diarahkan pada kompetensi dalam penguasaan konsep, prinsip, struktur, dan prosedur matematika dan pembelajaran materi tersebut di tingkat dasar, dimana mahasiswa diarahkan untuk dapat menguasai secara mendalam berbagai materi matematika serta contoh aplikasinya, mampu menguasai berbagai variasi pendekatan dan model pembelajaran, mampu mengaplikasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi matematika dalam kelas serta mampu menganalisis dan meneliti berbagai isu yang terkait dengan pendidikan dasar.

b.      Konsentrasi Pendidikan IPA
Konsentrasi Pendidikan IPA diarahkan pada kompetensi dalam penguasaan konsep, struktur dan material ilmu pengetahuan alam (Fisika, Kimia dan Biologi) dan pembelajaran materi tersebut di tingkat dasar, dimana mahasiswa diarahkan untuk dapat menguasai secara mendalam berbagai materi IPA serta contoh aplikasinya, mampu menguasai berbagai variasi pendekatan dan model pembelajaran, mampu mengaplikasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi IPA dalam kelas serta mampu menganalisis dan meneliti berbagai isu yang terkait dengan pendidikan dasar.

c.       Konsentrasi Pendidikan IPS
Konsentrasi Pendidikan IPS diarahkan pada kompetensi dalam penguasaan konsep, struktur dan material ilmu pengetahuan alam (Geografi, Ekonomi, Sejarah) dan pembelajaran materi tersebut di tingkat dasar, dimana mahasiswa diarahkan untuk dapat menguasai secara mendalam berbagai materi IPS serta contoh aplikasinya, mampu menguasai berbagai variasi pendekatan dan model pembelajaran, mampu mengaplikasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi IPS bernuansa pendidikan dasar serta mampu menganalisis dan meneliti berbagai isu yang terkait dengan pendidikan dasar.

d.      Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia
Konsentrasi Pendidikan Bahasa Indonesia diarahkan pada kompetensi dalam penguasaan konsep, struktur dan material Bahasa Indonesia dan pembelajaran materi tersebut di tingkat dasar, dimana mahasiswa diarahkan untuk dapat menguasai secara mendalam berbagai materi Bahasa Indonesia serta contoh aplikasinya, mampu menguasai berbagai variasi pendekatan dan model pembelajaran, mampu mengaplikasikan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi Bahasa Indonesia bernuansa pendidikan dasar serta mampu menganalisis dan meneliti berbagai isu yang terkait dengan pendidikan dasar.


·     Rincian Kompetensi Lulusan Program Studi PENDIDIKAN DASAR diharapkan dapat menjadi dasar pertimbangan secara terbuka untuk berbagai keperluan a.l.  sbb.:
a)    Rekrutmen oleh instansi pengguna lulusan dan institusi pendidikan 
     lanjutan
b)    Pemilihan program studi bagi para calon mahasiswa
c)    Penyusunan kurikulum dan metode pembelajaran bagi institusi pendidikan
d)    Evaluasi diri mahasiswa bagi kemajuan dalam kegiatan dan hasil belajarnya
e)   Evaluasi diri tenaga pengajar untuk kinerja mengajarnya
f)    Ujian komprehensif, ujian akhir, dan/atau tes keluaran (exit test) calon lulusan
g)    Penjaminan mutu akademik dan pertanggunggugatan (accountability) program studi
h)      Pemantauan dan Penilaian terhadap kinerja program studi oleh stakeholders



 

 

 
DIKDAS PASCASARJANA UNIMED © 2010 | Designed by Blogger Templates | Design by ColorizeTemplates | prodikdas.blogspot.com
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver